272015Jul
Benarkah pancing kesuburan minum pil kontrasepsi, lalu stop

Benarkah pancing kesuburan minum pil kontrasepsi, lalu stop

dr. Jimmy
Saya baru menikah 7 bulan dan belum memiliki momongan dan saya belum juga periksa ke dokter. Untuk memancing kesuburan, seoang teman menganjurkan saya minum pil kontrasepsi, setelah itu stop. Benarkah?
Winur – Dharmawangsa

Ibu Winur, Pil kontrasepsi tidak bisa digunakan untuk memacu terjadi nya kehamilan alami karena memang pil tersebut di gunakan justru untuk mencegah terjadinya kehamilan.Pasangan dikatakan mempunyai masalah fertilitas bila 1 tahun pasca menikah dan telah berusaha hubungan teratur namun belum punya anak. Pada umumnya 90% pasangan yang berusaha untuk mempunyai keturunan, terjadi kehamilan 12 bulan setelah menikah. 10% pasangan yang belum punya anak setelah periode tersebut bisa jadi mengidap infertilitas. Maka sebaiknya konsultasi ke dokter.

Pada kasus ibu, 7 bulan pasca menikah, bila datang bulan teratur, tidak ada nyeri haid, belum pernah operasi, dan tidak ada penyakit sebaiknya melakukan hubungan suami istri secara teratur (3 hari sekali atau seminggu 3 kali) terlebih dahulu. Namun bila ada kelainan seperti yang telah saya jelaskan diatas sebaiknya konsultasi ke dokter. Terima kasih





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *