PROGRAM

Home / PROGRAM
  • ASI Eksklusif

    Komitmen RSIA Kendangsari adalah menjadi rumah sakit yang memberikan dukungan secara penuh pada setiap ibu bersalin untuk dapat menyusui bayinya secara eksklusif atau hanya memberikan ASI saja selama 6 bulan. Dukungan yang diberikan pada setiap pasien adalah dengan menerapkan 10 Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui secara penuh yaitu:

    – Memiliki kebijakan tertulis tentang ASI Eksklusif dan menyusui

    РMelatih karyawan/karyawatinya untuk  dapat melaksanakan kebijakan

    – Menjelaskan manfaat menyusui yang benar

    – Melaksanakan Inisiasi Menyusu Dini

    – Menunjukkan teknik menyusui yang benar

    – Tidak memberikan Makanan dan atau minuman selain ASI

    – Melaksanakan rawat gabung

    – Membantu ibu menyusui sesering mungkin dan semau bayi

    – Tidak memberikan dot dan atau kempeng

    – Merujuk pasien pada Kelompok Pendukung ASI

  • Inisiasi Menyusu Dini (IMD)

    Segera setelah bayi lahir, bayi diletakkan di dada ibunya untuk melakukan kontak kulit selama minimal 1 jam, Inisiasi menyusu dini (IMD) akan memberikan kesempatan pada bayi untuk mencari dan menemukan payudara ibu sebagai sumber makanannya. Setiap ibu melahirkan di RSIA Kendangsari, persalinan normal maupun operasi, akan diberikan kesempatan melakukan IMD, dengan syarat kondisi ibu dan bayi bugar. Selain menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi, IMD dapat mempertahankan menyusu untuk jangka waktu lebih panjang.

  • Rawat Gabung (Rooming In)

    Ibu dan bayi yang dirawat bersama dalam 1 kamar akan mendekatkan ibu dan bayi sehingga lebih mudah untuk memantapkan proses menyusui. Ibu juga bisa lebih mengenal perilaku bayi dan bagi ibu baru tentunya akan memudahkan untuk belajar menggendong. Bayi yang dirawat bersama ibu akan lebih tenang dan terhindar dari infeksi nosocomial. Metode rooming in (rawat gabung) di RSIA Kendangsari dilakukan untuk semua kelas kamar.