22015Sep
Adakah cara lain untuk menghilangkan kista tanpa operasi

Adakah cara lain untuk menghilangkan kista tanpa operasi

Assalamualaikum dr Indra Yuliati,

Saya (34), setelah menikah, saya langsung dikaruniai putra dan sekarang berusia 3 tahun 4 bulan. Sejak si kecil lahir, saya tidak pernah memakai KB, hanya suami saja yang memakai. Setelah anak saya berumur 2 tahun, kami memutuskan untuk menambah anak lagi. Akan tetapi ,setelah 1 tahun berlalu, usaha kami tidak menunjukkan hasil. Menurut dokter kandungan, saya menderita kista 3 buah. Benarkah kista sebabkan sulit hamil. Ukuran kista terbesar berukuran 6,5 cm, dan kata kista sebabkan sulit hamil karena letak kista menutupi indung telur. Saya disarankan melakukan operasi agar kista sebabkan sulit hamil tidk terjadi. Tapi saya belum berani. Dokter, adakah cara lain untuk menghilangkan kista tanpa operasi?.
Indra – Lidah Kulon

Kepada yth mbak indra
Untuk terjadinya kehamilan, dibutuhkan sel sperma dan sel telur ( yg dihasilkan oleh ovarium/ indung telur), dan kmd terjadi proses pembuahan/ fertilisasi.
Apabila ada masalah dengan pabrik sel telur ( ovarium) ,dan terdapat  kista,  maka akan terjadi gangguan produksi dari sel telur itu sendiri.
Tetapi seorang wanita, mempunyai dua indung telur yang terletak di sebelah kanan dan kiri, dan setiap indung telur isinya ratusan telur yg masih muda atau juga folikel yang setiap bulannya akan mengalami pembesaran dan hanya satu folikel saja ( kadang lebih) yang bisa membesar dan matang sehingga sel telur siap dikeluarkan dlm proses ovulasi.
Jadi kalau dari data pemeriksaan sblmnya pada mbak ada satu kista ovarium ( tumor yg berupa kantong abnormal berisi cairan ) dengan diameter 6,5 cm dan letak kista menutupi saluran indung telur, maka masih ada kemungkinan hamil, dari indung telur sisi lainnya.
Tetapi bisa juga kista ovarium tersebut adalah kista yang fungsional, jadi kista bisa sembuh/ hilang sendiri setelah 2-3 bulan kemudian di evaluasi ulang.
Tapi kalau pada mbak indra, kista cenderung membesar, dari 3cm ke 6,5 cm, sebaiknya dilakukan operasi sblm program kehamilan, tetapi bila tanpa operasi terlebih dahulu, terjadi kehamilan dari sisi indung telur sisi lainnya ,maka akan  terjadi kehamilan dengan kista ovarium. Dan bila ini terjadi, maka yang dikhawatirkan bisa terjadi kista tersebut terpluntir/ torsi atau pecah sehingga butuh operasi darurat. Atau dari awal kita rencanakan operasi pada usia kehamilan 16 minggu, atau sekalian kita lakukan operasi sectio cesaria + angkat kista.
semoga bermanfaat.‎


dr. Indra Yulianti SpOG
Narasumber :
dr. Indra Yuliaty SpOG
Dokter Spesialis Kebidanan Kandungan
RSIA Kendangsari Surabaya
RSIA Kendangsari Merr Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *