32015Mar

Alat kontrasepsi yang cocok untuk ibu menyusui dan tidak kuatir pengaruh kualitas ASI ?

contraception

Selamat Pagi dok,
Saya ibu balita berusia 7 bulan. Saya ingin memilih alat kontrasepsi yang cocok, kira-kira apa yang cocok untuk ibu menyusui dan tidak kuatir pengaruh kualitas ASI.
Lyly – Pakuwon



Selamat pagi bu. . Pada ibu menyusui bayi usia 6 bulan keatas sebenarnya sudah bisa memakai alat kontrasepsi hormonal jenis apapun. Karena bayi pada usia 6 bulan keatas sudah mendapat makanan tambahan pendamping ASI. Namun kalau ibu ingin kontrasepsi yang tidak mengganggu ASI dapat dipilih KB hormonal yang memakai progestin saja seperti KB suntik 3 bulan, maupun KB susuk.

Penggunaan KB jenis tersebut biasanya dapat menimbulkan perubahan pola haid terutama 6 bulan pertama.  Keluhan nya paling sering adalah bercak2 darah. Namun semakin lama pemakaian pola haid nya berubah menjadi haid nya sedikit bahkan berhenti haid. Namun hal tersebut tidak perlu khawatir karena memang tujuan nya penggunaan KB jenis tersebut untuk menipiskan dinding rahim.

Pilihan lain dapat dipakai Alat kontrasepsi dalam rahim (AKDr), KB jenis ini pada 3-6 bulan juga ditemui perubahan pola haid namun setelah itu kembali normal.
Sumber foto : http://rabinmartin.com/wp-content/uploads/2014/04/contraception.png

  jimmy

Redaktur,
dr. Jimmy Yanuar SpOG
RSIA Kendangsari Surabaya
www.rsia.kendangsari.com
 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *