132015May
Anak saya hanya mempunyai 1 buah zakar dan letaknya turun

Anak saya hanya mempunyai 1 buah zakar dan letaknya turun

PERTANYAAN :
Pagi dok, Saat lahir, anak saya hanya mempunyai 1 buah zakar dan letaknya turun. Hingga usianya 4 bulan, buah zakarnya yang 1 lagi belum juga muncul. Apa penyebabnya dan bagaimana caranya supaya buah zakarnya bisa tumbuh?

Hilda – Gresik


JAWABAN:
Yth Ibu Hilda,
Selama pertumbuhan bayi di dalam rahim, testis seharusnya mulai turun ke skrotum (kantung zakar) jika sudah mendekati waktu kelahirannya. Tapi untuk kasus tertentu hal tersebut tidak terjadi dan menyebabkan testis tidak turun atau dikenal dengan istilah undescended testicles (cryptorchidism)

Kondisi ini bisa didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan fisik pada saat lahir atau pada pemeriksaan selanjutnya. Testis yang tidak turun ini akan terasa saat dokter meraba untuk pemeriksaan fisik. Dalam beberapa kasus testis mungkin tidak berada di lokasi tempat biasanya testis teraba dan tampak seperti hilang, tapi kemungkinan testis berada di dalam perut atau mungkin hilang ketika bayi berada di dalam rahim.

Hingga kini belum diketahui dengan pasti apa penyebab testis tidak turun, tapi diperkirakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi ini seperti gangguan hormon atau adanya gangguan anatomis misal suatu penyumbatan di lipatan paha (kanalis inguinalis) yang membuat testis tidak bisa turun ke skrotum.

Bila testis yang turun ke skrotum hanya satu tapi tidak ditemukan adanya kelainan kelamin, maka orangtua dapat menunggu kondisi ini hingga 6 bulan yang diharapkan testis akan turun sendiri.

Bila testis belum juga turun setelah 6 bulan atau disertai dengan kelainan kelamin, maka segera diperlukan tindakan karena ditakutkan adanya kelainan pada alatkelamin. Pemeriksaan yang dilakukan adalah ultrasonografi (USG) atau MRI dan pemeriksaan hormon. Pemeriksaan ini berguna untuk melihat apakah testisnya tersebut memang ada dan adakah kelainan di dalam rongga perut.

Testis yang tidak turun dapat diberikan hormon HcG untuk membantu menurunkan testis. Tapi bila usia anak sudah di atas 2 tahun, maka harus segera dilakukan operasi karena testis yang terlalu lama berada di rongga perut tidak baik atau dapat rusak, dan dalam jangka panjang ditakutkan bisa menimbulkan keganasan (kanker testis).

Testis berfungsi untuk menghasilkan hormon testosteron yang membantu perkembangan anak laki-laki saat memasuki usia pubertas dan juga untuk memproduksi sperma. Sehingga jika hal ini tidak segera ditangani nantinya bisa mengganggu kesuburan anak saat dewasa.

 

dr. Bagus Samsu SpANarasumber :

dr. Bagus Samsu SpA

RSIA Kendangsari  | RSIA Kendangsari MERR




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *