62015May
Benarkah perempuan bertubuh pendek dan gemuk cenderung melahirkan secara cesar ?

Benarkah perempuan bertubuh pendek dan gemuk cenderung melahirkan secara cesar ?

Pertanyaan :

 

Dokter yang baik, saat ini saya sedang hamil usia 9 minggu. Menurut info yang saya dengar, benarkah perempuan bertubuh pendek dan gemuk cenderung melahirkan secara cesar?  Saya memiliki postur tubuh pendek dan gemuk.
Eka – Sumput

Pertama – tama selamat atas kehamilan ibu. Semoga ibu dan janin dalam keadaaan sehat selalu. Dalam persalinan normal salah satu yang menentukan keberhasilan adalah luas panggul. Pada umumnya luas panggul yang normal dimiliki oleh wanita dengan tinggi badan diatas 145 cm. Walau demikian bukan berarti mereka dengan tinggi badan di bawah Itu tidak bisa melahirkan normal. Karena bisa saja walau tinggi badan dibawah 145 cm tetapi memiliki panggul yang normal atau panggulnya agak ” sedikit ” sempit tetapi ukuran janin tidak terlalu besar maka kans utk persalinan normal tetap ada. Yang penting tidak ada disproporsi antara janin dengan panggul ibu.
Sementara untuk faktor kegemukan yang penting adalah ukuran janin. Kalau janinnya bisa melewati panggul ibu maka persalinan normal tetap dapat dilakukan. Saran saya sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani.

Dr-Fahri
Salam,
Redaktur
dr. Muh. Fachry SpOG
RSIA Kendangsari Surabaya
www.rsia.kendangsari.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *