52015Nov
East Java Healthy Festival 2015

East Java Healthy Festival 2015

Rsia.kendangsari.com  & Merr.kendangsari.com (Surabaya). 

East Java Healthy Festival 2015. Event tahunan terbesar di Jawa Timur ini diselenggarakan di Grand City Surabaya 4 – 8 November 2015. Mengusung tema “Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri”. Acara yang ditampilkan di mulai dari opening ceremony oleh Menteri Kesehatan yang sedianya hadir namun digantikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur bpk. Suharsono, dilanjutkan dengan talkshow dengan narasumber Ibu Gubernur Jawa Timur Ibu Hj. Nina Soekarwo.

Dalam event tahunan ini sekaligus dicanangkan Perang terhadap Eclamsia. Eklampsia merupakan kondisi lanjutan dari preeklampsia yang tidak teratasi dengan baik. Selain mengalami gejala preeklampsia, pada wanita yang terkena eklampsia juga sering mengalami kejang kejang. Eklampsia dapat menyebabkan koma atau bahkan kematian baik sebelum, saat atau setelah melahirkan.

Kadinkes Prov. Jatim dr. Harsono melaporkan, bahwa kematian ibu masih menjadi masalah di Jatim. Setiap tahun terjadi trend penurunan. Akan tetapi, Jatim harus tetap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap kematian ibu dan bayi. Sementara itu Ibu Hj. Nina Soekarwo sebagai ketua tim penggerak PKK memaparkan beliau memaparkan mengenai tren penurunan yang positif terhadap eklampsia. Pada tahun 2013 jumlah ibu yang meninggal sebanyak 642 orang sedangkan tahun 2014 turun menjadi 567 orang.

Salah satu tujuan event ini adalah untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang sehingga terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang tinggi. Pembangunan kesehatan, juga dimaksudkan sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis. Kesadaran inilah yang akan dibangun pada setiap level masyarakat, baik pelaksana kesehatan maupun stakeholder agar kemauan untuk hidup sehat dapat diwujudkan terutama bagi ibu hamil dan bayi yang sehat.

RSIA Kendangsari & RSIA Kendangsari MERR Surabaya turut serta dalam penanganan Eclamsia. Melalui layanan unggulan yang ditawarkan, RSIA Kendangsari & RSIA Kendangsari MERR Surabaya senantiasa melakukan pendampingan kepada ibu hamil dalam menghadapi resiko yang dihadapi. RSIA Kendangsari & RSIA Kendangsari MERR Surabaya mengajak seluruh elemen untuk bersama – sama sepakat, sekaligus menyatakan perang melawan eklampsia.

Dalam kegiatan yang diadakan tanggal 4 – 8 November ini stand RSIA Kendangsari & RSIA Kendangsari MERR Surabaya berada dekat dengan panggung. Jadi mudah sekali bagi masyarakat menjumpai stand ini. Bagi pengunjung yang mampir silakan untuk menikmati fasilitas foto corner yang hasil fotonya dapat langsung dibawa pulang serta dapat membawa pulang goodi bag yang berisi souvenir dari RSIA Kendangsari & RSIA Kendangsari MERR Surabaya. (uq/red)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *