ETIKA MENJENGUK BAYI BARU LAHIR

ETIKA MENJENGUK BAYI BARU LAHIR

Tahukah bunda, bayi baru lahir rentan terhadap penyakit karena sistem imun bayi masih lemah? Untuk menghindari penularan
penyakit ada beberapa tips untuk ayah bunda saat menjenguk bayi baru lahir :

  1. Waktu menjenguk yang tepat .
    Waktu yang tepat untuk menjenguk 1-2 minggu setelah ibu melahirkan.  Beritahu jika anda akan berkunjung dan  hindari datang saat waktu istirahat.
  2. Pastikan Anda dalam keadaan sehat.
    Hal ini penting untuk mencegah penularan penyakit pada bayi, karena sistem imun bayi baru lahir  masih lemah dan rentan terkena  penyakit.
  3. Jangan lupa cuci tangan.
    Sebelum bersentuhan, cuci tangan lebih dulu agar terbebas dari kuman.  Namun, akan lebih baik jika tidak bersentuhan langsung dengan bayi, cukup lihat dari kejauhan untuk  menghindarinya terinfeksi kuman atau  bakteri yang tak sengaja menempel  pada tubuh atau pakaian Anda.
  4. Jangan memotret bayi tanpa izin orangtuanya. 
    Jika Anda ingin mengabadikan bayi  atau mengunggahnya ke media sosial  sebaiknya minta izin lebih dulu pada  orangtuanya.
  5. Jangan beri komentar dan nasihat jika  tidak diminta.
    Komentar negatif memicu stres kepada ibu bayi dan mengakibatkan ibu tidak percaya diri.
  6. Menghargai privasi ibu.
    Jika tampaknya ibu sedang sibuk mengurus bayinya, tidak usah berlama-lama bertamu agar ibu punya banyak  waktu untuk merawat bayinya.
  7. Tawarkan bantuan jika diperlukan.
    Jangan sungkan untuk menawarkan  bantuan jika ibu terlihat kesulitan.
  8. Jangan ragu untuk memberitahukan keluarga ayah bunda mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi bayi baru lahir.

 

Sumber Gambar : Google