52016Oct
Kenapa sih anak sulit sekali makan sayur ?

Kenapa sih anak sulit sekali makan sayur ?

Assalamualaikum,

Dokter, saya ingin bertanya, anak saya usia 6 tahun, sulit sekali makan sayur. Sehari-hari ia hanya makan nugget, ayam goreng krispi, dan sosis. Sangat picky eater, tapi beratnya sudah mencapai 25 kg.
Bagaimana cara mengatasi anak seperti ini?
Terima kasih
Pengirim: Ibu Ellana, Surabaya

Kebiasaan pilih-pilih makanan termasuk ke dalam istilah food preference. Food preference memang memiliki spektrum yang luas, mulai dari picky eater sampai selective eater. Apa bedanya?
 
Salah satu food preference yang normal terjadi pada fase perkembangan anak adalah neofobia atau penolakan terhadap makanan baru. Sebenarnya, neofobia ini merupakan mekanisme evolusi pertahanan anak yang menguntungkan karena membantu anak menghindari makan bahan beracun saat anak sudah mampu memilih makanannya sendiri tanpa pengawasan orangtua. Namun neofobia dapat berlanjut menjadi penolakan berkepanjangan dan terus menerus terhadap makanan tertentu sehingga menimbulkan masalah makan berupa food preference. 
 
Picky eater berarti anak mau mengonsumsi berbagai jenis makanan baik yang sudah maupun yang belum dikenalnya tapi menolak mengonsumsi dalam jumlah yang cukup. Selain jumlah yang tidak cukup, picky eater pun berhubungan dengan rasa dan tekstur makanan. Walaupun pilih-pilih makanan, picky eater masih mau mengonsumsi minimal satu macam makanan dari setiap kelompok karbohidrat, protein, sayur/buah dan susu. Misalnya, walaupun anak menolak makan nasi, tapi ia masih mau makan roti atau mie.
 
Sementara selective eater adalah anak yang menolak segala jenis makanan dalam kelompok makanan tertentu. Misalnya sama sekali enggan mengonsumsi karbohidrat, baik itu nasi, roti atau mie.
 
Kalau picky eater masih merupakan fase normal dalam perkembangan seorang anak, lain halnya dengan selective eater yang mengakibatkan anak berisiko mengalami defisiensi makro atau mikronutrien tertentu.
Do not eat vegetables boy
Apa saja yang mempengaruhi terjadinya food preference ini? Selain paparan makanan pada usia dini, tipe kepribadian anak, pengaruh lingkungan, tekanan dalam proses makan juga sangat berpengaruh lho! Maka dari itu, saat menghadapi anak yang sulit makan atau sering pilih-pilih makanan, jangan tambah memaksa atau marah-marah ya!
 
 Bagaimana menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan?
Langkah awal yang harus bunda lakukan yaitu, bunda bisa memperkenalkan beragam jenis buah dan sayur sejak dini. Bunda juga bisa mengenalkan buah juga sayur secara satu per satu ketika usia si kecil masih balita, sehingga bunda akan mengetahui sayuran dan buah mana yang paling di sukai si kecil.
 
Selanjutnya, bunda tidak dianjurkan untuk memaksa si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayur. Karena banyak diantaranya bunda yang memaksa si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayur . dan akibatnya, si kecil akan bersikap dengan keras untuk menolak mengkonsumsi buah dan sayur dan memberontak ketika bunda akan memberikan buah dan sayur kepada si kecil. Dan yang harus bunda lakukan kepada sikecil yaitu, sebaiknya bunda memberikan beberapa kata positif yang bisa memberikan dukungan kepada si kecil agar si kecil mau mengkonsumsi buah dan sayur yang bunda siapkan.
 
Langkah berikutnya yang bisa bunda lakukan yaitu cara dalam menyajikan buah dan sayur dengan beberapa desain atau tampilan yang menarik perhatian si kecil, agar si kecil mau untuk memakan buah dan sayur yang bunda siapkan. Karena cara memasak juga menyajikan beberapa buah dan sayur tertentu pastinya bisa membuat si kecil tertarik untuk memakannya.
 
Agar bunda bisa mengatasi si kecil yang susah makan buah dan sayur, bunda bisa mengambil inisiatif untuk membuat jus buah atau jus sayur atau bahkan jus buah yang di campurkan dengan sayur. Karena jus akan membuat si kecil menghilangkan kesan bahwa buah dan sayur merupakan satu beban untuk di konsumsi. Akan tetapi, bunda juga harus memastikan kalau jus yang bunda buat telah bunda campurkan dengan susu, madu atau bahkan gula agar jus yang bunda buat lebih memiliki rasa yang enak untuk di konsumsi.
 
Selanjutnya bunda harus bisa memilih suasana serta tempat yang nyaman bagi si kecil agar si kecil mau mengkonsumsi buah dan sayur yang bunda sajikan, hal ini agar membantu si kecil dalam meningkatkan mood si kecil untuk mengkonsumsi buah dan sayur.
 
Salam,
dr. Bagus Samsu SpA
Narasumber
Dr. Bagus Samsu, SpA

RSIA Kendangsari Surabaya




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *