42017Jan
Lama tak muncul, Ika Putri melahirkan anak pertamanya. Bagaimana kisahnya?

Lama tak muncul, Ika Putri melahirkan anak pertamanya. Bagaimana kisahnya?

Lama tak muncul di media, penyanyi Ika Putri datang dengan kabar bahagia. Penyanyi dengan nama lengkap Ika Putri Widyaningtyas kelahiran Surabaya 30 tahun silam tersebut rupanya sekarang telah melahirkan putri pertamanya pada tanggal 17 November hasil buah cinta dengan sang suami, Isyarama Bayu Suryono Putro. Mantan juara I Foto Model Top Jawa Timur pada tahun 1992 itu bercerita tentang kesan-kesannya saat melakukan proses persalinannya di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kendangsari Merr Surabaya.

Dikutip dari akun Instagramnya @ikaputriaja, ia menuturkan ketika detik-detik kelahiran si jabang bayi mulai mendekati waktunya, tim dokter dari RSIA Kendangsari Merr menganjurkan Ika untuk mengambil proses persalinan dengan cara operasi Sectio Caesaria (SC). Hal ini dikarenakan adanya deakselerasi detak jantung bayi terhadap kontraksi yang disebabkan air ketuban yang merembes sampai 50% dari batas seharusnya. “Saya sempat drop karena artinya cita-cita saya untuk menjalani prosedur kelahiran normal harus pupus”, kata Ika.

Our #behindthescenes of #family #photosession for #breastfeeding #campaign My Grey Top by @amber.stuff

A photo posted by ikaputri widyaningtyas (@ikaputriaja) on

Namun semua kendala tersebut dapat terselesaikan dengan baik berkat tim dokter yang cekatan dalam menangani proses persalinan tersebut. “Tim RSIA Kendangsari Merr sangat komunikatif dan mampu menenangkan saya ketika proses menuju persalinan. Itu membuat ketakutan saya terhadap operasi SC agak berkurang”, tulis Ika pada salah satu foto yang diunggah dalam akun instagram pribadinya.

Singkat cerita, bayi Ika telah lahir dengan sehat berjenis kelamin perempuan pada pukul 12.00 WIB. Bayi tersebut diberi nama Alya Kirani Dewi. Pasca kelahiran tersebut, bayi tersebut langsung menjalani proses IMD atau disebut juga Inisiasi Menyusui Dini. Inisiasi Menyusu Dini merupakan salah satu layanan unggulan yang diberikan ke semua pasien yang melakukan persalinan di RSIA Kendangsari Surabaya. Hal ini dilakukan agar bayi segera mendapatkan kontak kulit dengan ibunya sehingga memungkinkan bayi untuk mendapatkan kolostrum (ASI yang berwarna kekuningan) dan bakteri baik dari kulit ibunya yang berguna untuk melindungi saluran pencernaan bayi. Dan tentunya dengan IMD akan memantapkan proses menyusui selanjutnya. Moment tersebut diabadikan melalui sebuah foto yang ia unggah di Instagramnya dengan caption, “Best Moment, Ever.. Inisiasi Menyusui Dini by RSIA Kendangsari Merr Surabaya.. Alhamdulillah lancar..”

Dari proses persalinan tersebut, Ika mendapatkan sebuah pelajaran yang berharga. Dalam akun media sosialnya ia menuliskan, “Setelah proses ini saya berfikir bahwa apapun proses persalinan nya, sebenarnya memiliki arti perjuangan yg sama. Karena proses persalinan merupakan sebuah awal munculnya hidup baru ke dunia. I feel blessed..”




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *