242015Aug
Mencegah agar bayi tidak mengidap alergi

Mencegah agar bayi tidak mengidap alergi

Assalamualaikum dokter…Keluarga saya punya riwayat alergi. Apa yang bisa dilakukan untuk mencegah agar bayi tidak mengidap alergi ?.
Cahya – Sukodono

Keluarga dengan keturunan alergi adalah salah satu faktor resiko kejadian alergi. Bila salah satu ortu menderita alergi, maka kemungkinan anak terkena alergi adalah 40-50%, bila kedua ortu menderita alergi, maka kemungkinan menjadi 60-70%. Sedangkan bila saudara menderita alergi, kemungkinan terjadi alergi adalah 20%.
 Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan kejadian alergi walaupun tidak 100%. Dalam hal ini karena belum terjadi alergi maka yang dilakukan adalah pencegahan primer yaitu:
1. Mengetahui resiko alergi pada bayi
2. Tidak dianjurkan pantang alergen  pada ibu hamil.
3. Ibu hamil dilarang merokok, anggota keluarga lain juga dilarang merokok disekitar ibu hamil.
4. ASI ekslusif adalah salah satu pencegahan dari kejadian alergi pada bayi, dan tidak ada pantangan makanan alergen pada ibu menyusui selama belum ada gejala pada bayi.
5. Tidak ada bukti bahwa diet eliminasi setelah usia 4-6 bulan memberikan efek perlindungan, tetapi masih harus dilakukan penelitian lebih lanjut.
6. Menghindari kacang tanah, kacang pohon (cashew nut, almond dan walnut), dan kerang dapat direkomendasikan pada anak-anak berisiko tinggi selama tahun-tahun pertama kehidupan, walaupun belum terbukti lewat penelitian.
7. Pada bayi berisiko tinggi saja, Jika ASI ataupun ASI donor tidak mungkin, bisa diberikan susu formula terhidrolisa partial ataupun lanjut. Susu formula kedelai dan formula lain (misalnya. Susu kambing) tidak dianjurkan untuk pengurangan risiko alergi makanan.
Terima kasih
dr. Zahrah Hikmah SpA

IMG-20150227-WA004Narasumber
dr. Zahrah Hikmah SpA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *