172015Sep
Penyebab haid tidak teratur

Penyebab haid tidak teratur

Dr. Jimmy yang baik ,
Dok, umur saya 29 tahun, tinggi 163 dan berat badan 79, serta belum menikah. Kenapa haid saya lama banget ya dok? Kejadian seperti ini sering terjadi sejak saya berusia 18 tahun. Saya pernah konsultasi ke dokter umum, kata dokter hanya karena hormonnya yang gak stabil., trus saya dikasih obat kecil-kecil (saya g tau namanya apa). Setelah minum itu haid saya jadi teratur, setelah obat habis kembali lagi tak teratur bahkan pernah gak dapat haid selama 3 atau 4 bulan. Anehnya sekarang dapatnya malah banyak banget, bisa haid hampir sebulan full, cuma kalau haid tidak pernah sakit. Menurut dokter kenapa saya bisa seperti ini. Perlukah saya ke dokter lagi? Terima kasih dok.
Citra – Pondok wage

Haid yang teratur dapat dinilai dari frekuensi, durasi, volume darah dan regularitas haid. Kalau melihat problem yang ibu alami dimana siklus haidnya memanjang lebih dari 35 hari dan terkadang terjadi perdarahan hampir 1 bulan, memang ibu menderita gangguan haid.
Gangguan haid faktor penyebabnya banyak diantaranya gangguan metabolisme gula darah, obesitas, perubahan emosi,  dan masih banyak lagi.
80% gangguan haid pada wanita usia reproduksi disebabkan oleh gangguan hormonal atau sindroma ovarium polikistik dimana 50% diderita oleh wanita obesitas. Selain keluhan gangguan haid biasanya wanita ini juga didapatkan gejala hiperandrogenisme seperti jerawat, muka berminyak, rambut rontok, pertumbuhan bulu yang tidak semestinya pada wanita seperti di dada, perut, tangan dan kaki. Pada beberapa kasus dapat juga disertai adanya gangguan metabolisme gula darah dan hipertensi
Dengan tinggi 163 cm dengan berat badan 79 kg berarti indeks massa tubuh ibu sekitar 79 yang artinya overweight dan hampir mendekati obesitas (BMI 30) memang kemungkinan gangguan haid ibu disebabkan oleh gangguan hormonal. Oleh karena itu sebaiknya ibu konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penanganan problem ibu. Terima kasih

dr.jimmy
Narasumber
dr. Jimmy Yanuar Annas SPOG

RSIA Kendangsari Surabaya




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *