242015Mar

Saya ini punya pengalaman hamil dan placenta bayi dibawah sehingga dokter menyarankan untuk sesar

BABY


Dok, saya ini punya pengalaman hamil dan placenta bayi dibawah sehingga dokter menyarankan untuk sesar. Apakah jika pernah ada pengalaman semacam ini untuk kehamilan berikutnya juga akan mengalami  hal yang sama? Apa yang menyebabkan placenta menutupi jalan lahir dan kira-kira berapa lama jarak yang tepat untuk hamil lagi? Bisakah jika pertama sesar untuk kehamilan berikutnya normal ? Wassalamualaikum .

Intan – Dharmahusada


Saya jawab pertanyaan dari ibu intan,
1) Apakah jika pernah ada pengalaman semacam ini untuk kehamilan berikutnya juga akan mengalami  hal yang sama?

Tidak selalu, namun seorang wanita yang pernah mengalami kondisi plasenta di bawah (istilah medisnya placenta previa) pada kehamilan berikutnya memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami lagi kejadian tersebut.

2) Apa yang menyebabkan placenta menutupi jalan lahir dan kira-kira berapa lama jarak yang tepat untuk hamil lagi?
    Placenta previa adalah kondisi dimana lokasi plasenta tidak normal, terletak di bawah mendekati atau menutupi jalan lahir. Hal ini menyebabkan risiko perdarahan saat kehamilan ketika dasar plasenta tersebut terlepas saat ada pembukaan jalan lahir, dan jika posisi plasenta menutup total jalan lahir maka tidak mungkin dapat melahirkan secara normal. Penyebab pastinya tidak diketahui, namun ada beberapa faktor risiko terjadinya plasenta previa: riwayat operasi sesar, riwayat plasenta previa sebelumnya, merokok, hamil kembar dll. Tidak ada patokan pasti kapan waktu ideal untuk hamil lagi, namun jika persalinan sebelumnya dengan operasi sesar sebaiknya menunda 2 tahun

3. Bisakah jika pertama sesar untuk kehamilan berikutnya normal?
    Tetap mungkin jika memenuhi syarat2nya: harus bersalin di RS, hanya pernah satu kali operasi sesar, ukuran janin normal (tidak terlalu besar), posisi plasenta normal, dan ukuran panggul normal.

Demikian jawaban saya, semoga bermanfaat.

dr.-Muhammad-Ilham-Aldika-Akbar-SpOG


Redaktur
dr. Muhammad Ilham Aldika Akbar SpOG
RSIA Kendangsari MERR Surabaya
www.rsia.kendangsari.com