222015Jun
Saya mengalami siklus haid tidak teratur + gatal di alat kelamin

Saya mengalami siklus haid tidak teratur + gatal di alat kelamin

Halo Dokter, saya (27) mengalami siklus haid sebulannya dua kali dengan rentang per siklusnya kadang cuma seminggu. Apakah hal ini ada hubungannya dengan penyakit yang saya saya alami belakangan ini? Penyakit itu seperti gatal pada bagian alat kelamin yang kadang saya garuk. Saya pernah konsultasikan masalah gatal ini ke puskesmas, katanya, ada infeksi jamur. Saya khawatir dengan penyakit kelamin yang lebih parah seperti kanker serviks. Apakah ini gejala kanker serviks? Mengapa siklus haid tidak teratur? Saya sangat menantikan jawaban Dokter.
Tanti – Kupang Krajan.

 
Mba Tanti yang terhormat,
Keluhan haid tidak teratur yang dialami saat ini tidak berhubungan dengan keluhan gatal di kemaluan, gatal dikemaluan bisa disebabkan karena adanya keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Untuk keluhan ini biasanya dilakukan pemeriksaan hapusan vagina untuk mengetahui sebabnya, sehingga bisa diberikan obat yang sesuai.
Keluhan haid tidak teratur yang saat ini dialami disebut perdarahan uterus abnormal yang bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya hormonal imbalance sehingga menyebabkan siklus menjadi kacau. Hormonal imbalance ini bisa disebabkan oleh stress fisik atau emosi, bisa juga disebabkan karena pemakaian kontrasepsi hormonal yang tidak teratur. Sehingga mengakibatkan siklus yang anovulatoir ( tanpa ada pelepasan sel telur), sehingga dinding endometrium ketebalan menjadi tidak sama dan terjadinya peluruhan endometrium yang juga tidak sama. Akibatnya terjadi siklus haid yg kacau. Sehingga perlu diberikan obat untuk menghentikan haid (membuat endometrium kembali rata) dan kemudian mengatur siklus haid. Obat yang diberikan ini tergantung dari status penderita, sudah menikah atau belum? Berat badan dan tinggi badan, ingin hamil atau tidak. Karena data tidak lengkap, Sebaiknya Mbak Tanti berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menentukan penyebabnya apa dan obat yang cocok untuk mengatur siklus haidnya. Terimakasih.

dr. Erna Darmawan SpOG

 Narasumber
 dr. Erna Darmawan SpOG
RSIA Kendangsari Surabaya
RSIA Kendangsari MERR Surabaya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *